• Kalender

    Mei 2011
    S S R K J S M
    « Apr   Jun »
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    3031  
  • Jasa Desain Arsitektur : Gambar Desain Arsitektur 3D, RAB (Rencana Anggaran Biaya), Renovasi Rumah, Desain Rumah Tinggal, Desain Toko, Desain Restoran, Desain Restaurant, Desain Kantor, Bangun Rumah Tinggal, Desain Rumah Minimalis, Desain Rumah Mungil, Desain Rumah Kecil, Modern, Murah, Sederhana atau Desain Rumah Mewah.

    Ragam Gaya (Style) : Minimalis, Modern, Art Deco, Mediteranian, Tropical/Tropis, Traditional, Etnik, Retro.

    Desain Interior (Interior Design) : Rumah, Home Interior, Home Accessories, 3D interior, konsep interior, interior warna cat, Wallpaper, kolam ikan, kolam renang, seni interior, pintu, Plafon, Foyer, Kamar/Ruang Tamu, Kamar Anak, Kamar Bermain, Meja Kerja, Meja Makan, Kursi Makan, Ruang Makan, Ruang Tidur, Bedroom, Bath room, Tempat Tidur, Lemari, Almari, Backdrop, Backwall, Sofa, Daybed, Puff, Dapur/Kitchen Set, Pantry, Home Theater.

    Kantor (Office) : Ruang Rapat, Ruang Direktur, Ruang Staff, Ruang Reseptionis, Lobby, Ruang Kerja, dan Interior Kantor.
    hub=
    zackychou_corp@yahoo.co.id
    zakkiizzul@gmail.com
    (untuk wilayah jogjakarta dan sekitar nya)
    hub: 085 868 113 750

  • weather

    Click for Yogyakarta, Indonesia Forecast
  • IKLAN ANDA




  • Flag Counter

    free counters
  • Blog Stats

    • 38,863 hits
  • top rated

  • link friends

BELAJAR Membuat WEBSITE – Basic HTML

Bagaimana cara membuat website? Ada beberapa tahapan dan langkah yang harus kita lalui untuk membuat sebuah Website yang baik. Lain halnya dengan instan CMS maupun instan blog yang kita tinggal mendaftar saja di penyedia layanan blog seperti Blogspot, WordPress, dll. Maupun CMS seperti Joomla, Mambo, dll yang tinggal instal saja seperti. Disini kita belajar manual web (membuat website secara manual) walaupun masih sederhana dan statis. Untuk membuat website pertama-tama kita harus belajar bahasa HTML yaitu sebuah “bahasa program” yang memungkinkan kita membuat halaman web yang bisa ditampilkan dalam browser (Chrome, Firefox, Internet Explorer, Netscape, Opera, dll).

Nah, kini kita mulai dari langkah awal yaitu belajar bahasa HTML.

BELAJAR WEBSITE

Dewasa ini, hampir semua dokumen web dibuat dengan bahasa HTML (Hypertext Mark-up Language). Meskipun anda bisa saja membuat web page (halaman web) tanpa mengerti sedikitpun HTML, Sangat disarankan bahkan nyaris diharuskan, agar anda mengerti bahasa HTML. Untuk itu langkah pertama bagi Anda yang bercita-cita memiliki website sendiri adalah belajar HTML.

HTML (Hypertext Markup Language) adalah bahasa program yang digunakan untuk menulis format dokumen yang dapat digunakan dalam Web. Dengan HTML, teks ASCII (file *.txt) dapat dipoles (di-mark-up) dengan kode-kode tertentu yang disebut tag untuk menjadi dokumen HTML (file *.htm atau *.html). Oleh karena itu, untuk membuat dokumen HTML, anda bisa menggunakan semua program teks editor biasa, mulai dari Notepad hingga Dreamweaver. Untuk mudahnya, kita gunakan program Dreamweaver.

Apa yang dimkasud dengan file HTML?

-    HTML merupakan kependekan dari Hyper Text markup Language

-    Sebuah file HTML merupakan sebuah file teks yang berisi tag-tag markup

-    Tag markup memberitahukan browser bagaimana harus menampilkan sebuah halaman

-    File HTML harus memiliki ekstensi htm atau html

-    File HTML dapat dibuat menggunakan editor teks yang biasa kamu pakai.

PENGENALAN KODE HTML
>>New >> Basic Page >> HTML , setelah itu atur ke mode Code
tutorial dreamweaver
disini anda akan menemui tag – tag semacam ini:

<HTML>

</HTML>

Penjelasan:
Masing-masing baris di atas disebut tag. Tag adalah kode yang digunakan untuk me-mark-up (memoles) teks ASCII menjadi file HTML. Setiap tag diapit dengan tanda kurung runcing.
Ada tag pembuka yaitu <HTML> dan ada tag penutup yaitu </HTML> yang ditandai dengan tanda slash (garis miring) di depan awal tulisannya.
Tag di atas memberikan faidah bahwa yang akan ditulis diantara kedua tag tersebut adalah isi dari dokumen HTML. Perlu anda ketahui bahwa tag-tag html dapat ditulis dengan huruf besar ataupun huruf kecil. Artinya, penulisan <HTML> atau <html> atau <Html> sama saja hasilnya. Namun perlu selalu diingat bahwa penulisan tag yang salah meskipun hanya satu karakter akan berpengaruh terhadap dokumen HTML anda, bahkan bisa berakibat dokumen HTML anda tidak bisa ditampilkan dalam browser.

Sekarang kita akan beralih pada tag selanjutnya.

<HTML>

<BODY>

</BODY>

</HTML>

Isi dari dokumen HTML yang sesungguhnya adalah yang ditulis diantara tag <BODY>. Coba tuliskan:

<HTML>

<BODY>

Tulisan ini akan tampak dalam browser by ilmugrafis.

</BODY>

</HTML>

Sekarang simpanlah file ini dengan meng-klik menu File lalu Save. Nah, lihatlah hasil karya anda yang pertama dengan menekan F12 disitu akan muncul tulisan “Tulisan ini akan tampak dalam browser by ilmugrafis.” tanpa tag HTML. Sekarang anda mungkin mulai mengerti cara kerja HTML dan markup tag, begitulah cara kerjanya, jadi yg muncul di broser hanya tulisan saja sedangkan tagnya hanya merupakan suatu perintah bagi browser untuk menampilkan perintah kita.

Apakah tag BODY fungsinya sekedar penanda tubuh atau isi dari dokumen web? Tidak, dalam tag BODY ini bisa kita sisipkan bermacam-macam atribut yang akan berpengaruh terhadap format atau tampilan halaman web secara keseluruhan. Pada kesempatan ini kita mengambil contoh bagaimana mengubah warna latar belakang dan warna tulisan dari halaman web dengan penambahan atribut ke dalam tag BODY.

<HTML>

<BODY BGCOLOR=”yellow” TEXT=”red”>

Tulisan ini akan tampak dalam browser by ilmugrafis.

</BODY>

</HTML>

Simpanlah kembali file ini (klik File lalu Save). Untuk melihat bagaimana hasilnya tekan F12 atau klik tombol Refresh pada browser atau bisa juga dengan menekan tombol F5 pada keyboard. Dengan demikian, browser akan memanggil ulang file yang kini sudah mengalami perubahan. Maka akan tampaklah hasilnya:
tutorial dreamweaver
Perlu diketahui bahwa penentuan warna pada HTML bisa dengan nama warna (dalam bahasa Inggris) dan bisa pula dengan kode warna. Kode warna ditulis dalam format heksa contohnya seperti #rrggbb.

Ok setelah menguasai tag di atas maka kita lanjutkan ke inspeksi tag HEAD dan TITLE. Di sini terlihat bahwa kita mempunyai tag <HEAD> dan tag <TITLE>. Tag HEAD berfungsi untuk mengapit berbagai macam fungsi dan informasi yang berkenan dengan halaman web yang bersangkutan. Pada latihan kali ini, kita memasukkan tag TITLE diantara tag HEAD. Sesuai namanya, tag TITLE ini berfungsi untuk mengapit kalimat yang menjadi judul dari halaman web tersebut. Sekarang mari kita tuliskan judul halaman web ini:

<HTML>

<HEAD>

<TITLE>WEBSITE BUATANKU</TITLE>

</HEAD>

<BODY BGCOLOR=”yellow” TEXT=”red”>

Tulisan ini akan tampak dalam browser.

</BODY>

</HTML>

Simpan lagi file ini dengan meng-klik File lalu Save. Sekarang kita akan melihat bagaimana perubahannya dalam browser. Lakukan lagi Refresh seperti di atas. Maka anda akan melihat di baris teratas (yang dinamakan Title Bar) dari program browser akan menampilkan judul atau titel dari halaman web anda yaitu: WEBSITE BUATANKU
previewnya kurang lebih seperti ini, disini saya menggunakan browser Firefox:
tutorial dreamweaver
Alhamdulillah, selesailah latihan pertama Belajar Membuat Website – HTML.
Selamat belajar HTML di Dreamweaver
Sampai ketemu lagi di Tutorial berikutnya
Semoga Bermanfaat ^_^/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: