• Kalender

    Mei 2011
    S S R K J S M
    « Apr   Jun »
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    3031  
  • Jasa Desain Arsitektur : Gambar Desain Arsitektur 3D, RAB (Rencana Anggaran Biaya), Renovasi Rumah, Desain Rumah Tinggal, Desain Toko, Desain Restoran, Desain Restaurant, Desain Kantor, Bangun Rumah Tinggal, Desain Rumah Minimalis, Desain Rumah Mungil, Desain Rumah Kecil, Modern, Murah, Sederhana atau Desain Rumah Mewah.

    Ragam Gaya (Style) : Minimalis, Modern, Art Deco, Mediteranian, Tropical/Tropis, Traditional, Etnik, Retro.

    Desain Interior (Interior Design) : Rumah, Home Interior, Home Accessories, 3D interior, konsep interior, interior warna cat, Wallpaper, kolam ikan, kolam renang, seni interior, pintu, Plafon, Foyer, Kamar/Ruang Tamu, Kamar Anak, Kamar Bermain, Meja Kerja, Meja Makan, Kursi Makan, Ruang Makan, Ruang Tidur, Bedroom, Bath room, Tempat Tidur, Lemari, Almari, Backdrop, Backwall, Sofa, Daybed, Puff, Dapur/Kitchen Set, Pantry, Home Theater.

    Kantor (Office) : Ruang Rapat, Ruang Direktur, Ruang Staff, Ruang Reseptionis, Lobby, Ruang Kerja, dan Interior Kantor.
    hub=
    zackychou_corp@yahoo.co.id
    zakkiizzul@gmail.com
    (untuk wilayah jogjakarta dan sekitar nya)
    hub: 085 868 113 750

  • weather

    Click for Yogyakarta, Indonesia Forecast
  • IKLAN ANDA




  • Flag Counter

    free counters
  • Blog Stats

    • 38,863 hits
  • top rated

  • link friends

Tips dan Trick Menjaga Keamanan Komputer

Kemanan komputer merupakan hal yang penting bagi para penggunanya. Tiap hari virus, worm, trojan, dan segala jenis malware-malware baru bermunculan dan bertujuan melemahkan kinerja perangkat kita, khususnya bagi para pengguna sistem operasi buatan Microsoft. Tampaknya memang cukup sentimen ya, tapi itulah kenyataan yang terjadi, dibandingkan sistem-sistem operasi lainnya, memang Win paling rentan dari segi keamanan.

Oleh karena itu saya memiliki beberapa tips dan trik agar kita sebagai pengguna mampu setidaknya membentengi komputer kita melalui sikap-sikap sehat berkomputer.

1. Menggunakan AntiVirus. Mau tidak mau, sebagai user kita harus awas dan waspada dengan memasang alarm dan penjaga yang handal di komputer kita. Jika tidak inginmenggunakan antivirus berbayar, maka menggunakan yang gratis juga tidak apa-apa.

2. Rajin mengupdate. Software-software biasanya memiliki versi-versi terbaru yang lebih baik, karena setiap software tersebut diluncurkan maka bug-bug atau celah keamanan yang belum terdeteksi akan dilaporkan oleh user ke pengembang. Dengan rajin update,baik itu antivirus, sistem operasi, software aplikasi dan lain-lain, maka kita menyempurnakan celah-celah keamanan yang belum ketahuan oleh kita. Contohnya saja kemarin saat Adobe Acrobat Reader ternyata menemukan adanya celah keamanan di aplikasinya berstatus sangat berbahaya dimana dengan dimasukkannya metasploit, maka komputer kita dapat di remote oleh orang lain melalui celah tersebut.

3. Tidak browsing sembarangan. Banyak sekali virus-virus yang masuk ke komputer kita terjadi saat kita browsing dan mengklik tanpa sengaja link yang mengarahkan kita pada situs-situs tertentu atau mendownload file yang ternyata dalam paketnya mengandung file ‘penyusup’. Maka berhati-hatilah jika mengunjungi situs-situs tertentu yang tidak secure.

4. Jika ingin login akun, lihat dulu url-nya. Banyak sekali kasus-kasus pencurian data karena penipuan url. Modusnya adalah user diarahkan pada situs ‘palsu’ yang mirip-mirip situs asllinya, kemudian pada saat user memasukkan nama dan passwordnya maka data tersebut akan ‘bocor’ deh.

5. Waspadai email. Salah satu media penyebaran virus di internet juga adalah melalui email. Apalagi jika email tersebut berupa spam atau berisi link yang mencurigakan. Ada juga virus yang menginfeksi salah satu contact kita kemudian menulari kita melalui email padahal teman kita tersebut tidak merasa pernah mengirim email kepada kita.

6. Selalu scan terlebih dahulu. Nah, ini nih yang gawat juga. Kebanyakan orang terinfeksi ‘penyusup’ karena berbagi data dengan temannya, baik melalui media usb flashdisk, cd, dvd, bluetooth, dan lain-lain. Sebenarnya berbagi data tidaklah berbahaya jika kita men-scan terlebih dahulu file-file tersebut. Kebanyakan orang malas untuk ribet, sehingga membahayakan keamanan komputernya.

7. Gunakan sistem operasi Linux atau Mac. Hihhhiii.. bukan bermaksud sentimen yaaa, tapi memang saya akui menggunakan kedua sistem operasi ini setidaknya lebih aman daripada windows. Dari segi keamanan sistemnya saja sudah berbeda, dimana file-file berbahaya yang biasanya berekstensi .exe, .vbs, .bat dan lain-lain jinak di sistem operasi ini.

Sekian share dari saya. Cupu sekali memang, semoga bermanfaat bagi para pengguna komputer yang ingin lebih berhati-hati. Met berkomputer!

Source : http://kojimaizumi.wordpress.com/2011/05/11/tips-and-trik-keamanan-komputer/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: