• Kalender

    April 2012
    S S R K J S M
    « Mar   Sep »
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    30  
  • Jasa Desain Arsitektur : Gambar Desain Arsitektur 3D, RAB (Rencana Anggaran Biaya), Renovasi Rumah, Desain Rumah Tinggal, Desain Toko, Desain Restoran, Desain Restaurant, Desain Kantor, Bangun Rumah Tinggal, Desain Rumah Minimalis, Desain Rumah Mungil, Desain Rumah Kecil, Modern, Murah, Sederhana atau Desain Rumah Mewah.

    Ragam Gaya (Style) : Minimalis, Modern, Art Deco, Mediteranian, Tropical/Tropis, Traditional, Etnik, Retro.

    Desain Interior (Interior Design) : Rumah, Home Interior, Home Accessories, 3D interior, konsep interior, interior warna cat, Wallpaper, kolam ikan, kolam renang, seni interior, pintu, Plafon, Foyer, Kamar/Ruang Tamu, Kamar Anak, Kamar Bermain, Meja Kerja, Meja Makan, Kursi Makan, Ruang Makan, Ruang Tidur, Bedroom, Bath room, Tempat Tidur, Lemari, Almari, Backdrop, Backwall, Sofa, Daybed, Puff, Dapur/Kitchen Set, Pantry, Home Theater.

    Kantor (Office) : Ruang Rapat, Ruang Direktur, Ruang Staff, Ruang Reseptionis, Lobby, Ruang Kerja, dan Interior Kantor.
    hub=
    zackychou_corp@yahoo.co.id
    zakkiizzul@gmail.com
    (untuk wilayah jogjakarta dan sekitar nya)
    hub: 085 868 113 750

  • weather

    Click for Yogyakarta, Indonesia Forecast
  • IKLAN ANDA




  • Flag Counter

    free counters
  • Blog Stats

    • 38,863 hits
  • top rated

  • link friends

Biaya Renovasi Rumah

“Ketika pengerjaan berlangsung 70% ternyata uang yang dianggarkan sudah habis. Akhirnya terpaksa menggunakan berbagai bantuan mulai dari menghabiskan anggaran liburan, hingga mengutang sementara kepada saudara,” ujarnya kepada Bisnis, baru-baru ini.

Ibu dua anak ini mengaku telah berusaha menghindari kredit dari bank untuk membiaya sisa kebutuhan.

Perencana Keuangan Donny Adi Wiguna mengatakan mengambil kredit bank untuk membiaya renovasi rumah tidak masalah sepanjang cashflow keluarga tersebut bisa dikendalikan melalui sebuah perencanaan keuangan yang malang dan disiplin.

“Mengantisipasi biaya renovasi rumah sebenarnya jauhlah lebih mudah dibandingkan dengan mengantisipasi emosi. Masalah emosi inilah yang membuat biaya renovasi rumah membengkak di luar prediksi awal,” ujarnya.

Dia menjelaskan emosi yang dimaksud adalah keinginan tambahan pemilik ketika renovasi telah berjalan, seperti mengganti material untuk kebutuhan bangunan, model, hingga menambah mengubah bentuk bangunan di luar rencana awal.

Khusus pendanaan dari bank, kegiatan renovasi biaya masuk kredit konsumsi bunganya yang relatif lebih tinggi. Calon nasabah sebaiknya mempertimbangkan terlebih dahulu cicilan setiap bulan nantinya tidak akan memberatkan.

Sebaiknya biaya cicilan berasal dari anggaran yang khusus, jangan mengharapkan dari tambahan penghasilan atau mengambil seluruh isi tabungan. Tabungan harus tetap ada untuk kebutuhan mendesak.

Bisa diperhitungkan

Biaya renovasi rumah sebenarnya bisa diperhitungkan dengan baik dgn langkah awal memastikan konsep desain renovasi atau pengembangan pada sisa lahan, termasuk memilih bahan baku apa saja yang akan digunakan.

The National Association of the Remodeling Industry (NARI) Amerika memberikan saran agar pemilik menentukan konsep renovasi dengan matang. Jgn sampai mengubah desain ketika renovasi sudah berjalan.

Langkah awal untuk menghitung biaya renovasi ialah membuat gambar terlebih dahulu yang terdiri dari denah, gambar akhir bangunan atau renovasi yang diinginkan, potongan dan detail termasuk gambar detail.

Didik S. Aji, pemilik CV Cipta Griya Interio mengatakan biaya yg dipatok oleh konsultan untuk membangun desain gambar rumah tersebut rata-rata 350.000 rupiah hingga 500.000 rupiah per meter persegi dengan layanan tiga kali revisi.

Dari gambar tersebut, pemilik bisa memulai menentukan daftar lingkup pekerjaan yang dikerjakan seperti persiapan bongkaran, galian tanah, pemasangan pondasi, memasang tembok, memasang keramik, memesan kusen jendela dan pintu, instalasi listrik, hingga cat.

Daftar pekerjaan tersebut kemudian dijabarkan untuk mengetahui item material apa saja dan berapa banyak yang dibutuhkan, mulai dari semen, batu pondasi, besi, alat tukang, cat, kabel, dan detail lainnya.

Dari kebutuhan tsb, pemilik bisa mulai melakukan survei harga dan menghitung total kebutuhan biaya, tentu perlu diperhitungkan kenaikan harga bahan baku antara 10% hingga 20%. Jgn lupa kebutuhan tenaga kerja dan perkiraan waktu pengerjaan.

Ketika menentukan bahan bangunan dan kualitas material bahan bangunan yang akan digunakan. Buatlah dua rencana sebagai cadangan jika harga barang yang diinginkan naik di luar perkiraan.

Contohnya, keramik kamar mandi bisa diganti dengan batu alam yg lebih murah, tetapi membuat kesan natural yang sangat berbeda. Ketika pengerjaan berlangsung sementara alokasi dana telah menipis, pemilik bisa bertindak kreatif dengan menghilangkan satu bagian pekerjaan.

Misalnya, tembok dibuat alami dengan plester kasar yang langsung di beri cat, menghilangkan pengerjaan plamur. Hemat bahan baku, durasi pengerjaan dan tenaga kerja. Tukang dan mandor bisa menjadi masalah ketika durasi pekerjaan meleset dari rencana sementara mereka dibayar perhari. Untuk itu pemilik perlu memperhitungkan cara pembayaran.

Pilih tukang dengan bayaran harian atau borongan, tergantung dengan kebiasaan di daerah perumahan, tentu saja tetap memperhatikan kualitas pengerjaan. Keuntungan tenaga borongan memang memberikan kejelasan pengeluaran. Saran lainnya ialah pilih waktu yang tepat untuk renovasi. Rencana pembangunan ruangan pada sisa tanah belakang rumah artinya pekerjaan dilakukan di ruang terbuka, sebaiknya pilih waktu saat kemarau, hindari musim penghujan.

Memperbaiki rumah hampir sama dgn menyelenggarakan pesta pernikahan, tidak ada batasan, tak ada habisnya pilihan, mulai dari Rp 10 juta sampai Rp l miliar punbisa.

2 Tanggapan

  1. Jadi tertarik untuk beli rumah tahun depan..

  2. pengen cepat cepat punya rumah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: